Isu hidupnya lembaga bredel dalam legislasi pers nasional kembali
menghantui insan pers Indonesia. Beberapa kalangan mengaku telah menerima draft perubahan UU Pers yang di
dalamnya konon antara lain memuat pengaturan mengenai bredel. Ketakutan akan
kembalinya rezim otoriter yang menaburkan kritik dan membudayakan sensor,
pembungkaman, serta pembutatulian warga kembali menyeruak. Tidak heran wacana
yang hendak dimunculkannya kembali dibredel dalam pembaruan hukum pers yang
sebenarnya masih dalam tataran isu menimbulkan gelombang penolakan.
Boleh dikata tidak ada satu pun insan pers dan pegiat hak atas kebebasan
informasi di negeri ini yang mau lembaga bredel dihidupkan kembali. Eksisnya
lembaga bredel dikhawatirkan memberi peluang bagi kekuasaan untuk secara
diskredit menghentikan operasi lembaga pers jika dianggap merongrong kewibawaan
pemerintah. Pertanyaan mendasar yang layak dikemukakan adalah sejauh mana
kekhawatiran akan kembalinya lembaga bredel harus diterima khususnya di era
keterbukaan ini? Yang jelas, isu munculnya bredel di era kebebasan pers akan
ditolak karena akan menghambat kreativitas insan pers.
- Mengapa Pemerintah membuat Undang-undang Pers yang mengatur pembredelan?
- Bagaimana sikap insan pers terhadap rencana munculnya kembali lembaga bredel?
- Sejak kapan pembaharuan hukum pers yang meresahkan insan pers itu terjadi di Indonesia?
- Siapa sajakah yang diuntungkan secara konseptual dan finansial di era kebebasan pers?
- Pada media apa lembaga bredel berwenang mencabut hak untuk terbit dan siaran?
Kunci : B
Penyelesaian :
Dalam
paragraf pertama terdapat keterangan mengenai bagaimana sikap insan pers yang
menolak terhadap rencana munculnya kembali lembaga bredel walaupun masih dalam
tataran isu. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf pertama adalah :
Bagaimana sikap insan pers terhadap rencana munculnya kembali lembaga
bredel?
2.
Mengapa insan pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi menolak
lembaga bredel dihidupkan kembali?
Jawaban yang
tepat adalah karena ....
- dengan hidupnya lembaga bredel dalam legislasi pers nasional akan menghantui insan pers
- insan pers dan pegiat merasa takut akan kembalinya rezim otoriter yang membudayakan sensor
- lembaga bredel dikhawatirkan akan memasung kreativitas lembaga pers dan pegiat dalam pemberitaan
- lembaga bredel dikhawatirkan memberi peluang lebar bagi kekuasaan untuk menghentikan operasi lembaga pers
- lembaga bredel akan menyensor berita-berita yang dimunculkan di media massa dengan ketat
Kunci : C
Penyelesaian :
Perhatikan paragraf kedua pada
wacana tersebut diungkapkan alasan pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi
menolak lembaga bredel dihidupkan kembali karena dikhawatirkan akan memasung
kreativitas lembaga pers dan pegiat dalam pemberitaan.
3. Pernyataan
yang sesuai dengan paragraf kedua adalah ....
A. Wacana
menghidupkan kembali lembaga bredel ditentang insan pers dan pegiat hak atas
kebebasan informasi.
B. Eksistensi
lembaga bredel di Indonesia menyebabkan pemerintah sering menindak tegas insan
pers.
C. Di era
keterbukaan ini lembaga pers mempunyai peranan serta tanggung jawab yang besar
kepada masyarakat.
D. Insan pers
dan pegiat hak atas kebebasan informasi merasa dirugikan karena menjadi kambing
hitam lembaga bredel.
E. Lembaga
bredel bertugas menghentikan penertiban dan penyiaran dikategorikan merongrong pemerintah.
Kunci : A
Penyelesaian
:
Pada paragraf kedua diungkapkan
bahwa wacana dihidupkannya kembali lembaga bredel ditentang insan pers dan
pegiat hak atas kebebasan informasi.
4. Simpulan isi
teks tersebut adalah ...
- Lembaga pers dan lembaga bredel seharusnya bekerja sama demi kemajuan, bangsa.
- Pemerintah memandang perlu adanya lembaga bredel untuk meredam pers yang kebablasan.
- Kehidupan pers di era keterbukaan ini lebih baik bebas dan rasa takut dan khawatir.
- Rasa saling curiga antara pemerintah dan insan pers berdampak negatif pada arus informasi.
- Isu munculnya lembaga bredel di era kebebasan pers akan ditolak karena menghambat eksistensi insan pers.
Kunci : E
Penyelesaian :
Kesimpulan
yang dapat diambil dari wacana tersebut adalah isu munculnya lembaga bredel di
era kebebasan pers akan ditolak karena menghambat eksistensi insan pers.
Semburan Baru Muncul di Mindi
Semburan lumpur, air, dan gas baru keluar dari halaman belakang rumah salah
seorang penduduk, warga Desa Mindi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo.
Semburan itu merupakan semburan ke-59 yang muncul di sekitar pusat semburan
utama.
Menurut seorang ahli dan Leader
Team Fergaco, perusahaan yang mengawasi gas-gas berbahaya di sekitar
pusat semburan, semburan itu sama dengan 58 semburan liar sebelumnya. Semburan
liar itu juga tidak berbahaya dan tidak akan membesar. Kalau dibiarkan semburan
itu akan mengecil sendiri. Untuk menutup semburan, hari ini akan dimasukkan 100
kilogram semen ke dalam lubang asal semburan.
5. Ide pokok
paragraf kedua teks tersebut yang tepat adalah ....
- Pengawasan gas oleh tim ahli.
- Pendapat tentang semburan liar.
- Munculnya semburan liar.
- Mengecilnya semburan liar.
- Penutupan lubang semburan.
Kunci : C
Penyelesaian :
Ide pokok
atau gagasan utama paragraf kedua dari wacana tersebut adalah munculnya
semburan liar.
6. Fakta dalam teks
tersebut yang tepat adalah ...
- Semburan lumpur baru merupakan semburan ke-59.
- Semburan liar itu tidak berbahaya seperti semburan yang lainnya.
- Semburan liar itu sama dengan semburan sebelumnya.
- Semburan liar itu akan mengecil dengan sendirinya.
- Untuk menutup semua semburan liar itu, diperlukan 100 kilogram semen.
Kunci : A
Penyelesaian :
Fakta adalah
hal (keadaan/peristiwa) yang merupakan kenyataan, sesuatu yang benar-benar ada
atau terjadi. Dari wacana tersebut yang merupakan fakta adalah semburan lumpur
baru merupakan semburan ke-59.
7. Opini dalam
teks tersebut adalah ....
- Semburan liar itu terjadi di halaman rumah seorang warga.
- Semburan liar itu tidak berbahaya dan akan mengecil dengan sendirinya.
- Semburan itu merupakan semburan yang ke-59.
- Rumah warga yang terkena semburan terletak di Desa Mindi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo.
- Hari ini ke dalam lubang asal semburan dimasukkan 100 kilogram semen.
Kunci : B
Penyelesaian :
Pendapat
atau opini adalah pernyataan yang mengemukakan suatu argumen atau tanggapan
mengenai suatu hal. Kalimat yang dikategorikan opini dari wacana tersebut
adalah semburan liar itu tidak berbahaya dan akan mengecil dengan sendirinya.
8. Simpulan
yang tepat untuk paragraf kedua adalah ....
- Semburan lumpur, air, dan gas baru yang keluar di Desa Mindi berbahaya.
- Semburan yang keluar di Desa Mindi merupakan semburan liar yang ke-59.
- Warga Desa Mindi menemukan semburan lumpur liar di belakang rumah seorang warga.
- Semburan liar yang ke-59 tersebut tidak berbahaya dan akan mengecil sendiri.
- Untuk menutup semburan liar yang baru di Desa Mindi diperlukan 100 kilogram semen.
Kunci : D
Penyelesaian :
Simpulan
yang tepat dari paragraf kedua wacana tersebut adalah semburan liar yang ke-59
tersebut tidak berbahaya dan akan mengecil sendiri.
(1) Objek wisata Pangandaran menyediakan transportasi rekreasi untuk
memudahkan wisatawan menikmati keindahan pantai. (2) Wisatawan domestik maupun
mancanegara dapat menggunakan transportasi untuk menikmati keindahan alam. (3)
Di sepanjang tepi Pantai Pangandaran terlihat berjejer perahu untuk disewakan.
(4) Dengan biaya Rp 1.000,00 saja per orang, para wisatawan dapat berputar di
sekitar pantai dan menikmati keindahaan taman laut. (5) Para pedagang ikut
meramaikan situasi pantai Pangandaran.
9. Kalimat
utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ...
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
- (5)
Kunci : A
Penyelesaian :
Kalimat
utama paragraf di atas adalah Objek wisata Pangandaran menyediakan transportasi
rekreasi untuk memudahkan wisatawan menikmati keindahan pantai. Sedangkan
kalimat lain merupakan kalimat penjelas.
10. Makna kata domestik dalam paragraf tersebut
adalah ...
- asli Indonesia
- pribumi
- dalam negeri
- luar negeri
- kenegaraan
Kunci : C
Penyelesaian :
Kata
domestik memiliki persamaan arti dengan kata dalam negeri. Kata penghubung maupun dalam kalimat tersebut
menyatakan hubungan pertentangan antara kata sebelumnya yaitu kata domestik. Jadi, kata yang mempunyai
arti berlawanan dengan kata luar negeri adalah dalam negeri.
11. Kalimat
penjelas yang tidak mendukung kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah
nomor ....
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
- (5)
Kunci : E
Penyelesaian :
Gagasan
utama pada wacana di atas adalah transportasi rekreasi. Kalimat nomor (1), (2),
(3), dan (4) membahas tentang transportasi rekreasi sedangkan kalimat pada
nomor (5) membahas tentang para pedagang yang ikut meramaikan situasi
Pangandaran.
(1) Badan kependudukan PBB atau United Nations Population Fund (UNPF, dulu
UNFPA), Rabu 27 Juni 2007, menerbitkan laporan tentang kependudukan dunia. (2)
Laporan tersebut menyebutkan lebih dari setengah penduduk dunia atau 3,3 miliar
akan tinggal di kawasan perkotaan pada tahun 2008. (3) Jumlah ini diperkirakan
akan meningkat menjadi lima miliar pada tahun 2030. (4) Penghuni baru perkotaan
ini adalah keluarga berpenghasilan rendah. (5) Kalau saja tidak dilakukan
langkah responsif, banyak kota yang tidak akan mampu menampung pertumbuhan
cepat tersebut. (6) Penyebabnya bukan migrasi, tetapi pertumbuhan alami dengan
jumlah kelahiran lebih banyak daripada jumlah kematian.
12. Kalimat yang
merupakan opini penulisan terdapat pada nomor ...
- (1) dan (2)
- (2) dan (3)
- (3) dan (4)
- (4) dan (5)
- (5) dan (6)
Kunci : B
Penyelesaian :
(2) Laporan
tersebut menyebutkan lebih dan setengah penduduk dunia atau 3,3 miliar akan
tinggal di kawasan perkotaan pada tahun 2008. (3) Jumlah ini diperkirakan akan
meningkat menjadi lima miliar pada tahun 2030. Kedua kalimat tersebut merupakan
opini atau pendapat bukan merupakan fakta karena masih dalam wacana perkiraan.
KUALIFIKASI TENAGA PENDIDIK DI INDONESIA
TAHUN 2002/2003
13. Pernyataan
yang sesuai dengan tabel tersebut adalah ....
- Berdasarkan ijazah tertinggi, tenaga pendidik SMA lebih sedikit yang berijazah sarjana daripada tenaga pendidik SMK.
- Sebagian besar tenaga pendidik sekolah dasar hanya memiliki ijazah tertinggi.
- Tenaga pendidik SMK berijazah tertinggi D3 lebih sedikit daripada tenaga pendidik pada sekolah dasar.
- Berdasarkan persentase ijazah tertinggi, seluruh tenaga pendidik pada perguruan tinggi berijazah sarjana dan pascasarjana.
- Berdasarkan jumlah guru, tenaga pendidik SMP lebih sedikit berijazah sarjana daripada tenaga pendidik SMK.
Kunci : D
Penyelesaian :
Pernyataan
yang sesuai dengan tabel Kualifikasi Tenaga Pendidik di Indonesia Tahun
2002/2003 adalah :
- Berdasarkan ijazah tertinggi, tenaga pendidik SMA lebih banyak yang berijazah sarjana daripada tenaga pendidik SMK.
- Sebagian besar tenaga pendidik sekolah dasar hanya memiliki ijazah SMA dan D2.
- Tenaga pendidik SMK berijazah tertinggi D3 lebih banyak daripada tenaga pendidik pada sekolah dasar.
- Berdasarkan persentase ijazah tertinggi, seluruh tenaga pendidik pada perguruan tinggi berijazah sarjana dan pascasarjana. (pernyataan sudah tepat)
- Berdasarkan jumlah guru, tenaga pendidik SMP lebih banyak berijazah sarjana daripada tenaga pendidik SMK.
14. Simpulan isi
tabel tersebut yang tepat adalah ....
- Tenaga pendidik pada SMK tidak ada yang memiliki ijazah S3.
- Jumlah guru untuk SLB tidak berbeda dengan TK.
- Jumlah guru SLTP paling banyak di Indonesia.
- Ijazah S3 banyak dimiliki oleh guru SLTP.
- Tenaga pendidik pada SMA paling banyak memiliki ijazah sarjana.
Kunci : E
Penyelesaian :
Dari semua
data pada tabel di atas dapat disimpulkan bahwa tenaga pendidik pada SMA yang
paling memiliki ijazah sarjana.
Melihat tingkah kedua remaja itu, ditambah dengan ajakannya yang menggoda,
serta musik pengiringnya yang merangsang, penumpang-penumpang yang banyak itu
pun tergelitik ikut menari. Semua mereka sekarang menari. Anak gadis yang duduk
di sebelahku mungkin tergoda pula untuk menari. Dia menoleh kepadaku dan
berkata," Mari kita ikut menari, Pak."
"Taklah. Badan Bapak masih terasa sakit. Kau sajalah yang
menari."
"Tapi tak ada pasangan yang tersisa untukku. Ayolah! Temani saya. Tak
apalah sakit-sakit sedikit. Apa kata anak muda itu? Lupakan sejenak segala
duka! Ayo. Mari sejenak kita ikut berlupa-lupa."
"Bapak tidak pantas menari bersamamu. Malu dilihat orang. Apa kata
mereka nanti? Si tua yang tak tahu dituanya!"
"Semua orang sekarang ini sedang gila menari! Tak pantas kalau tak
ikut menari di tengah orang yang sedang menari. Ayolah, Pak. Ayolah. Malu bukan
lagi milik orang sekarang ini. Ayolah. Lupakan sejenak segala duka! Mari
bergembira." Ditariknya tanganku.
"Saya ingin sekali menari di atas kereta rel listrik yang sedang
berjalan. Bagaimana rasanya melenggok di atas lantai yang bergoyang. Tak pernah
saya temukan suasana gila seperti ini, seumur-umur. Ayolah, Pak. Mumpung ada
orang yang mengambil inisiatif."
Di Atas Kereta Rel Listrik, Hamsad
Rangkuti
15. Masalah yang
diungkapkan dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
- ajakan seorang gadis kepada tokoh "aku" untuk ikut menari
- keinginan tokoh "aku" terhadap ajakan gadis untuk menari
- suasana gila di atas kereta rel listrik yang sedang berjalan
- seorang gadis yang ingin ikut menari di atas kereta rel listrik
- kesadaran tokoh "aku" untuk menari mengikuti ajakan seorang gadis
Kunci : A
Penyelesaian :
Kutipan
cerpen di atas mengungkapkan masalah tentang ajakan seorang gadis kepada tokoh
"aku" untuk ikut menari.
16. Amanat yang
terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
- Rasa malu hendaknya disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada saat itu.
- Anak-anak muda sebaiknya tidak mengikuti perkembangan budaya asing.
- Orang harus mempertimbangkan sesuatu sebelum melakukan perbuatan.
- Sebaiknya orang harus pandai menyesuaikan diri dengan lingkungan saat itu.
- Anak-anak muda sebaiknya jangan mudah tergoda oleh budaya dalam negeri.
Kunci : C
Penyelesaian :
Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan oleh
pengarang melalui karangan. Amanat yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut
adalah orang harus mempertimbangkan sesuatu sebelum melakukan perbuatan yang
diwakilkan oleh tokoh "aku" dengan bersikap teguh hati dan tetap
tidak mau ikut menari karena berbagai alas an dan pertimbangan.
Syahdan akan Permaisuri Kuripan pun ingin rasanya ia hendak berputra
laki-laki yang baik parasnya. Maka kata permaisuri: "Kakang Aji, ingin
pula rasanya kita ini peroleh anak." Maka kata Nata: "Sungguh seperti
kata Tuan; Kakanda pun demikianlah juga bila gerangan Kakang ini beroleh putera
dengan pun Yayi, akan jadi ganti pun Kakang di dalam dunia ini, kalau-kalau
kita kedua dikehendaki oleh Shangyang Sukma kembali ke kayangan kita."
Maka kata Permaisuri: "Kakang Aji, marilah kita memuja pada segala
Dewa-dewa memohonkan kalau-kalau dianugerahkan oleh Dewa mulia raya akan kita
akan anak ini."
17. Watak
permaisuri dalam kutipan tersebut adalah ....
- takut pada suami
- keras hati
- taat beribadah
- suka berkhayal
- tinggi hati
Kunci : C
Penyelesaian :
Perhatikanlah
kalimat terakhir, "Maka kata
Permaisuri : "Kakang Aji, marilah kita memuja pada segala Dewa-dewa
memohonkan kalau-kalau dianugerahkan oleh Dewa mulia raya kita akan anak
ini." Jadi watak permaisuri dalam kutipan tersebut adalah taat
beribadah.
18. Amanat yang
sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah ....
- Janganlah memuja dewa-dewa.
- Bersabarlah dalam menghadapi musibah.
- Bersikaplah saling menghormati antara suami-isteri.
- Hindarilah perbuatan yang tidak terpuji.
- Berdoa dan berusahalah jika menginginkan sesuatu.
Kunci : E
Penyelesaian :
Dalam
kutipan cerita tersebut diceritakan bahwa belum dianugerahinya putera antara
pasangan sang raja dan permaisuri walaupun demikian mereka tetap memohon doa
kepada Shangyang Sukma berulang kali agar segera dikaruniai putera. Jadi,
amanat yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah berdoa dan berusahalah
jika menginginkan sesuatu.
(1) Sepeninggal kedua orang tuanya, anak itu sering terlihat duduk
termenung di pinggir sungai sambil memandang ke arah riak air. (2) Benar saja
seperti yang dikatakan oleh orang tuanya. (3) Pada suatu hari yang panas, hujan
turun rintik-rintik dan ada pelangi. (4) Terlihat air di sungai berubah menjadi
putih seperti air susu. (5) Itulah tanda bahwa kedua orang tuanya telah menang
dalam perkelahian maut dengan naga putih. (6) Namun, anak itu tak dapat hidup
sendiri tanpa orang tuanya. (7) Oleh karena itu, ia tetap duduk termenung
sampai akhir hayatnya.
(Legenda Lok Si Naga: Cerita
Rakyat dari Kalimantan, oleh James Danandjaja)
19. Nilai moral
yang terkandung dalam kutipan karya sastra di atas adalah ...
- Seorang anak yang merasa bahagia atas kemenangan kedua orang tuanya.
- Seorang anak yang sering duduk termenung di pinggir sungai sambil memandang ke arah air sungai.
- Seorang anak yang setia menunggu kedatangan orang tua sampai akhir hayat.
- Seorang anak yang selalu patuh dan menurut nasihat orang tua.
- Seorang anak yang senang melihat air sungai berwarna putih seperti susu.
Kunci : C
Penyelesaian :
Kutipan
cerita di atas menceritakan bagaimana kesetiaan seorang anak kepada kedua orang
tuanya dalam keadaan panas ataupun hujan bahkan sampai akhir hayatnya untuk
menunggui berubahnya air sungai menjadi putih seperti air susu yang sebagai
pertanda bahwa kedua orang tuanya telah menang dalam perkelahian dengan naga
putih seperti yang pernah diceritakannya. Jadi, nilai moral yang terkandung
dalam kutipan karya sastra di atas adalah seorang anak yang setia menunggu
kedatangan orang tua sampai akhir hayat.
20. Bukti latar
tempat digambarkan pada kalimat nomor ....
- (1) dan (2)
- (1) dan (4)
- (2) dan (5)
- (3) dan (6)
- (4) dan (7)
Kunci : A
Penyelesaian :
Bukti latar
tempat digambarkannya kejadian peristiwa cerita tersebut pada kalimat nomor :
(1) Sepeninggal
kedua orang tuanya, anak itu sering terlihat duduk termenung di pinggir sungai
sambil memandang ke arah riak air.
(2) Terlihat air
di sungai berubah menjadi putih seperti air susu.
"Bangsat, siapa kau," Haji Basuni membentak dan ketika menajami
mukaku dengan geramnya ia hendak mencengkeram aku. Setengah takut aku undur dan
menjawab:
"Aku Leman Umi dan Latifah." Dan tiba-tiba benciku timbul
terhadap haji itu.
"Tapi, aku larang kau dekati mereka, mengerti anak lapar?"
Betapa tersinggungku mendengar kata-kata terakhir haji itu. Tapi, aku tak
berani dan tak bisa berbuat apa-apa selain kecut dan mendongkol.
Sesudah haji itu meninggalkan aku dan baru saja aku melangkah, dari rumah
Umi terdengar suara gaduh diiringi tangis perempuan, dan itu suara Umi. Ia
melolong-lolong dalam sela bentak dan rotan, mungkin bersama kakaknya.
21. Watak tokoh
Haji Basuni dalam cerpen tersebut adalah ....
- keji, tetapi sangat sayang pada anaknya
- berwibawa dan tegas dalam bersikap
- kejam dan kasar dalam berucap
- bijaksana, tetapi keras dalam bertindak
- kejam dan sangat disiplin
Kunci : C
Penyelesaian :
Perhatikanlah
kalimat pertama dan kelima dari penggalan cerpen di atas, "Bangsat, siapa kau," Haji Basuni
membentak dan ketika menajami mukaku dengan geramnya ia hendak mencengkeram
aku." "Tapi, aku larang kau dekati mereka, mengerti anak lapar?"
memperlihatkan watak tokoh Haji Basuni yang kasar dalam berucap. Pada
kalimat terakhir, "Ia
melolong-lolong dalam sela bentak dan rotan, mungkin bersama kakaknya." memperlihatkan
watak tokoh Haji Basuni yang kejam dalam tindakannya. Jadi watak tokoh Haji
Basuni dalam cerpen tersebut adalah kejam dan kasar dalam berucap.
22. Pendeskripsian
watak dalam penggalan cerpen di atas dilakukan dengan cara ...
- tanggapan tokoh lain dan dialog antartokoh
- tanggapan tokoh lain dan lingkungan tokoh
- dialog antartokoh dan pikiran-pikiran tokoh
- deskripsi ciri fisik dan tanggapan tokoh lain
- deskripsi gerak-gerik dan lingkungan tokoh
Kunci : C
Penyelesaian :
Penggambaran
watak dalam penggalan cerpen tersebut dilakukan dengan cara dialog antartokoh
dan pikiran-pikiran tokoh.
Menurut Ibu yang didengarnya dari Ayah, sebab terjadi penikaman terhadap Opzichter Belanda itu karena Opzichter itu selalu mengganggu
istri-istri mereka, dan rupanya kuli-kuli kontrak itu sudah gelap matanya,
tidak dapat lagi menahan hati melihat Opzichter
itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan ramai-ramai
menyerang Opzichter.
Kuli Kontrak, Mochtar Lubis
23. Konflik
dalam kutipan tersebut adalah ....
- Rasa benci istri kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter yang kurang ajar.
- Opzichter merasa marah karena istri kuli-kuli kontrak tidak patuh padanya.
- Rasa marah (gelap mata) kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter.
- Rasa tertekan perasaan istri-istri kuli kontrak terhadap suami mereka.
- Opzichter merasa terhina istri kuli-kuli kontrak menolaknya.
Kunci : C
Penyelesaian :
Konflik dalam sebuah berita ada dua jenis, yaitu :
- Konflik lahir yaitu pertentangan seorang dengan tokoh lain, bisa dalam bentuk pertengkaran, perkelahian atau perdebatan.
- Konflik batin yaitu pertentangan antara perasaan, pikiran seseorang yang disebabkan oleh adanya dua gagasan atau lebih atau keinginan yang bertentangan dengan kenyataan.
Konflik
dalam kutipan cerita tersebut adalah rasa marah (gelap mata) kuli-kuli kontrak
terhadap
Opzichter.
24. Penyebab
konflik pada diri kuli kontrak adalah ....
- Kuli-kuli kontrak memaki-maki Opzichter yang mengganggu istri mereka.
- Istri kuli-kuli kontrak mengadukan Opzichter kepada suami mereka.
- Opzichter tidak dapat lagi menahan marahnya terhadap istri kuli kontrak.
- Istri kuli kontrak merasa dihina oleh perlakuan Opzichter.
- Opzichter selalu mengganggu istri kuli-kuli kontrak.
Kunci : C
Penyelesaian :
Penyebab konflik pada diri kuli kontrak adalah
Opzichter selalu mengganggu istri kuli-kuli kontrak.
25. Peristiwa
akibat konflik tersebut adalah ...
- Opzichter menyerang kuli-kuli kontrak yang melawan.
- Kuli kontrak memutuskan untuk menyerang Opzichter.
- Opzichter mengutuk kuli-kuli kontrak mengekang istrinya.
- Istri kuli kontrak mengadukan perbuatan Opzichter kepada mereka.
- Kuli kontrak melindungi istri-istri mereka dan bahaya.
Kunci : B
Penyelesaian :
Peristiwa/kejadian
akibat konflik pada diri kuli yang marah akibat istri-istrinya selalu diganggu
oleh Opzichter adalah kuli kontrak memutuskan untuk menyerang Opzichter.
MENYESAL
Pagiku
hilang sudah melayang
Hari mudaku
sudah pergi
Sekarang
petang datang membayang
Batang
usiaku sudah tinggi
Aku lalai di
hari pagi
Beta lengah
di masa muda
Kini hidup
meracun hati
Miskin ilmu,
miskin harta
...
A. Hasymi
26. Kata petang pada larik ketiga puisi
tersebut mempunyai makna lambang ...
- waktu sore hari
- kehidupan manusia
- suasana senja
- masa tua
- perasaan manusia
Kunci : D
Penyelesaian :
Majas
metafora adalah perbandingan antara dua hal yang dianggap memiliki persamaan
sifat. Kata petang pada larik
ketiga puisi tersebut mempunyai makna lambang masa tua.
27. Maksud bait
kedua puisi tersebut adalah ...
- seseorang yang lengah di pagi hari sehingga hidupnya sangat menderita di usia muda
- seseorang yang menderita hidupnya karena tidak mempunyai ilmu dan harta
- seseorang yang miskin harta dan miskin ilmu pada masa muda karena ia lupa waktu
- seseorang yang telah menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu sehingga hidup menderita di hari tua
- seseorang yang melalaikan waktu di masa muda karena dia tidak memiliki ilmu dan harta
Kunci : D
Penyelesaian :
Maksud yang
dapat dipetik dari bait kedua puisi tersebut adalah seseorang yang telah
menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu sehingga hidup menderita di
hari tua.
28. Premis umum
: Pada hari raya Idul Fitri jalur pantura macet.
Premis
khusus : ...
Kesimpulan :
Hari ini jalur pantura macet.
Premis
khusus yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah ....
- Hari ini hari raya.
- Hari ini hari Minggu.
- Hari ini banyak orang berlibur.
- Hari ini sebagian jalur pantura macet.
- Hari ini hari raya Idul Fitri.
Kunci : E
Penyelesaian :
Dari
silogisme tersebut diuraikan menjadi :
(Pada) hari
raya Idul Fitri = A
Jalan
pantura macet = B
Hari ini = C
Rumus
silogisme :
Premis Umum
(PU) : A = B
Premis
Khusus (PK) : C = A
Kesimpulan
(K) : C = B
Jadi Premis
Khusus yang tepat adalah C = A yaitu Hari
ini hari raya Idul Fitri.
29. Manusia yang
memiliki ilmu yang luas akan merasa dirinya tidak memiliki apa-apa. Dia merasa
dirinya banyak kekurangan, banyak orang yang lebih pintar daripada dirinya. Ia
pun merasa kecil. Bila berjalan dia akan merunduk. Sama halnya dengan setangkai
padi. Padi itu bila bulirnya makin berisi, makin berat sehingga tangkainya
tidak kuat menahan, dan akhirnya batang tangkai menjadi merunduk. ...
Kalimat
simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut adalah ....
- Begitulah bila padi itu berisi, bulirnya semakin berat dan tidak akan kuat tangkainya menahan.
- Contohlah ilmu padi bila Anda tidak dikatakan seorang sombong dan tidak memiliki ilmu.
- Ilmu itu akan berguna bila diamalkan seperti halnya bulir padi yang berbuah bernas (padat).
- Jadi, orang yang berilmu luas sama halnya dengan tangkai padi yang berbulir bernas (padat) akan semakin merunduk.
- Demikianlah kesamaan padi dan diri seseorang yang tidak memiliki rasa sombong dan tinggi hati.
Kunci : D
Penyelesaian :
Simpulan
yang dapat ditarik dari wacana tersebut adalah jika seseorang yang berilmu luas
layaknya seperti tangkai padi yang berbulir bernas (padat) akan semakin
merunduk.
30. Saya melihat
orang-orang asyik membaca koran di halte bus. Kegiatan serupa juga saya jumpai
di peron stasiun kereta api. Saat saya jalan-jalan di taman-taman hal yang sama
juga saya lihat, orang duduk bersantai sambil membaca koran. Bahkan, ketika
saya keluar ruangan dan sampai di trotoar, saya melihat berderet anak sekolah,
kawula muda, dan orang dewasa semua sedang membaca ....
Simpulan yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah ...
A. Di berbagai tempat semua orang mulai membutuhkan
koran.
B. Kapan pun
waktunya semua orang membutuhkan koran.
C. Akhir-akhir
ini semua orang menginginkan membaca.
D. Demi
tuntutan zaman semua orang menginginkan kemajuan dalam membaca.
E. Jadi, banyak
orang yang memanfaatkan waktu untuk membaca.
Kunci : E
Penyelesaian :
Simpulan
dari wacana tersebut adalah banyak orang yang memanfaatkan waktu untuk membaca.
Seperti kegiatan membaca koran dilakukan di halte bus, di peron stasiun kereta
api artinya mereka memanfaatkan waktu menunggu untuk membaca. Demikian pula
waktu santai di taman dan juga waktu berjalan di trotoar mereka manfaatkan pula
untuk membaca.
31. Pada masa
lalu bila seseorang mau menabung atau mengambil uang di bank, harus dating
langsung ke bank tersebut dengan memenuhi segala persyaratan. Demikian juga
ketika seorang nasabah mau mentransfer dana ke rekening lain, harus datang ke
bank tersebut dengan memenuhi segala persyaratan. Segala sesuatu harus
diselesaikan di bank tempat nasabah tersebut menyimpan uang. Sekarang, para
nasabah semakin dimanjakan dengan ditawarkannya berbagai pelayanan baru dalam
perbankan. Bila nasabah akan mengadakan transaksi mulai dari menabung,
mengambil uang, mengecek saldo akhir, transfer antarrekening, membayar telepon,
listrik, dan lain-lain dapat melakukan dari jarak jauh dengan cara menelepon.
Telebanking harus dimiliki setiap orang untuk bertransaksi.
Simpulan
pada akhir paragraf salah, perbaikannya adalah ........
A. Telebanking
merupakan inovasi baru untuk mempermudah para nasabah melakukan berbagai
kegiatan transaksi perbankan.
B. Telebanking
memanjakan nasabah asal memenuhi persyaratan perbankan.
C. Sebelum ada
telebanking nasabah harus datang ke bank untuk melakukan berbagai transaksi.
D. Telebanking
bersifat multifungsi selain untuk transaksi perbankan dapat juga digunakan
untuk transaksi pembayaran rekening telepon, listrik, dan lain-lain.
E. Telebanking
adalah transaksi perbankan yang dilakukan dan jarak jauh melalui telepon.
Kunci : A
Penyelesaian
:
Simpulan bahwa telebanking harus
dimiliki setiap orang untuk bertransaksi. Simpulan yang benar adalah
telebanking merupakan produk inovasi baru yang memudahkan para nasabah dalam
melakukan berbagai kegiatan transaksi perbankan.
32. Udara
berkabut. Dingin menusuk kulit, sunyi, dan sepi sekali. Pepohonan pun terlihat
tidak bergerak. Terdengar sayup-sayup dari radio nyanyian Mozart Night mengalun lambat
beriba-iba .....
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah ...
A. Pelan-pelan
air mata meluncur membasahi pipinya.
B. Udara
membawa kristal, menebar di sepanjang halaman.
C. Lantas ia
menarik gorden, memandang keluar jendela.
D. Salju
menaburi jalanan asrama mahasiswa yang tegak di tengah kota.
E. Ia tersenyum
ketika mengingat saat-saat indah.
Kunci : D
Penyelesaian :
Paragraf ini
termasuk paragraf deskripsi karena adanya penggambaran suatu keadaan. Kalimat
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut agar menjadi paragraf yang baik
adalah salju menaburi jalanan asrama mahasiswa yang tegak di tengah kota.
33. Warung
internet (warnet) di Tokyo sudah menjadi alternatif tempat tinggal baru. Dengan
........ harga sewa yang jauh lebih murah daripada hotel, sejumlah warnet
dilengkapi dengan kursi nyaman yang bisa direbahkan sandarannya untuk tidur.
Selain itu, tersedia pula mircrowave dan
shower. Selain mirip tempat
tinggal, warnet tersebut juga ........ ratusan buku komik.
Kata
berimbuhan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang dalam paragraf tersebut
adalah...
- tawaran, penyajian
- ditawarkan, disajikan
- penawaran, tersaji
- menawarkan, menyajikan
- menawarkan, sajikan
Kunci : D
Penyelesaian :
Warung
internet (warnet) di Tokyo sudah menjadi alternatif tempat tinggal baru. Dengan
menawarkan harga sewa yang jauh
lebih murah daripada hotel, sejumlah warnet dilengkapi dengan kursi nyaman yang
bisa direbahkan sandarannya untuk tidur. Selain itu, tersedia pula mircrowave dan shower. Selain mirip tempat tinggal,
warnet tersebut juga menyajikan ratusan
buku komik. Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang dalam
paragraf tersebut adalah menawarkan dan
menyajikan.
34. Tujuan pelatihan
kecerdasan emosional ini ........ orang tua sadar terhadap emosi mereka sendiri
dan dapat menggunakan kepekaan mereka ........ menyelaraskan diri secara tulus
dengan perasaan anak mereka.
Kata
penghubung antarklausa yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
- demi, bagi
- bila, agar
- agar, untuk
- kalau, demi
- bahwa, yang
Kunci : C
Penyelesaian :
Dari klausa
yang terdapat pada kalimat tersebut menunjukkan hubungan yang menyatakan tujuan
sehingga kata penghubung yang tepat adalah agar dan untuk.
Tujuan pelatihan kecerdasan emosional ini agar orang tua sadar terhadap emosi mereka sendiri dan dapat
menggunakan kepekaan mereka untuk menyelaraskan
diri secara tulus dengan perasaan anak mereka.
35. Hasil percobaan masyarakat desa dalam membudidayakan lele dumbo.
Penulisan
judul karangan tersebut yang sesuai dengan EYD adalah ........
- Hasil Percobaan Masyarakat desa dalam Membudidayakan lele Dumbo
- Hasil Percobaan Masyarakat Desa dalam Membudidayakan Lele Dumbo
- Hasil Percobaan Masyarakat Desa Dalam Membudidayakan Lele Dumbo
- Hasil Percobaan Masyarakat Desa dalam Membudidayakan lele Dumbo
- Hasil Percobaan Masyarakat desa dalam Membudidayakan Lele Dumbo
Kunci : B
Penyelesaian :
Dalam
penulisan judul karangan yang sesuai EYD berlaku ketentuan bahwa semua awal
kata ditulis dengan huruf kapital kecuali kata penghubung dan kata depan. Jadi
penulisan judul yang tepat adalah : Hasil Percobaan Masyarakat Desa dalam
Membudidayakan Lele Dumbo
36. Dalam film ini ingin mengatakan bahwa orang-orang yang menghakimi itu
sesungguhnya tidak tahu betul soal diri Ajeng alias cuma sok tahu.
Perbaikan
yang tepat terhadap struktur yang salah pada kalimat tersebut adalah ...
- Dalam film ini ingin menceritakan orang-orang yang menghakimi Ajeng itu cuma sok tahu.
- Film ini ingin mengatakan bahwa orang-orang yang menghakimi itu sesungguhnya tidak tahu betul soal diri Ajeng alias cuma sok tahu.
- Film ini ingin mengatakan tentang orang-orang yang dihakimi itu, bahwa sesungguhnya diri Ajeng itu cuma sok tahu.
- Film ini ingin menceritakan orang-orang yang menghakimi diri Ajeng itu cuma sok tahu.
- Film ini dikatakan oleh orang-orang yang menghakimi Ajeng itu sebagai orang yang cuma sok tahu.
Kunci : B
Penyelesaian :
Kata yang
harus dihilangkan karena dapat menghilangkan fungsi subjek adalah kata dalam. Perbaikan yang tepat
terhadap struktur yang salah pada kalimat tersebut adalah Film ini ingin mengatakan bahwa orang-orang
yang menghakimi itu sesungguhnya tidak tahu betul soal diri Ajeng alias cuma
sok tahu.
37. Penerapan
Ejaan yang Disempurnakan (EYD) dalam karangan siswa SMA di Jakarta Latar
belakang karya tulis yang sesuai dengan tema tersebut adalah ...
- Sering ditemukan kesalahan penggunaan EYD dalam karangan siswa SMA di Jakarta.
- Siswa SMA di Jakarta perlu belajar tentang cara mengarang yang baik.
- Setiap mengarang siswa SMA di Jakarta selalu menggunakan kalimat baku.
- Siswa SMA harus menggunakan kaidah penulisan dalam mengarang.
- Setiap mengerjakan tugas bahasa Indonesia sejak SMA tidak menggunakan EYD.
Kunci : A
Penyelesaian :
Latar
belakang adalah dasar atau alasan suatu tindakan. Jadi latar belakang
diadakannya karya tulis dengan tema Penerapan Ejaan yang Disempurnakan (EYD)
dalam karangan siswa SMA di Jakarta adalah sering ditemukannya kesalahan
penggunaan EYD dalam karangan siswa SMA di Jakarta.
38. Penulis tergelitik hatinya untuk melakukan
penelitian iklim organisasi di sekolah tersebut. Makna lugas (yang sebenarnya)
untuk pengganti kelompok kata yang tercetak tebal tersebut adalah ...
- terkesan
- tertarik
- terpanggil
- terpaksa
- tersentuh
Kunci : B
Penyelesaian :
Makna lugas
dari kata tergelitik hatinya adalah tertarik.
39. BANK
MASPION
Bank Swasta Devisa yang berkembang, memberi kesempatan kepada ANDA
bergabung dengan tim kami yang dinamis, dengan spesifikasi sebagai berikut:
KADIV
PENGEMBANGAN PRODUK DAN JASA (KADIV PPJ)
§ Pengalaman
min. 3 tahun sebagai Product Manager atau
min. 5 tahun sebagai staff pengembangan produk pada perbankan, asuransi atau
periklanan.
§ Untuk
ditempatkan di Jakarta/Surabaya.
STAFF
INFORMATION TECHNOLOGY (STAFF IT)
- S1/D3 Teknik Informatika dari universitas terkemuka dengan IPK > 3,00
- Untuk ditempatkan di kota Malang dan bersedia dimutasi di kota-kota lainnya di Indonesia.
Jika ANDA
memiliki kualifikasi untuk posisi tersebut di alas, kirimkan lamaran disertai
daftar riwayat hidup dan foto terbaru ke:
Kalimat
pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan di atas adalah...
- Dengan hormat, melalui lamaran ini saya mengajukan permohonan untuk bergabung dengan tim Saudara.
- Bersama ini saya ajukan lamaran pekerjaan kepada Direksi PT Bank Maspion Indonesia.
- Setelah membaca dalam harian Kompas, tanggal 7 Juli 2007, saya mengajukan surat lamaran pekerjaan dan siap bergabung dengan tim Saudara.
- Berkenaan dengan iklan yang dimuat pada harian Kompas, tanggal 7 Juli 2007, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi staff IT.
- Dengan ini saya mohon agar Bapak berkenan menerima lamaran ini untuk ditempatkan pada posisi yang mana saja.
Kunci : D
Penyelesaian :
Kalimat
pembuka lamaran pekerjaan berdasarkan iklan tertentu harus menyebutkan atau
mencantumkan nama surat kabar sumber iklan, tanggal pemuatan iklan pada surat
kabar dan tentang apa. Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat
berdasarkan iklan tersebut adalah Berkenaan
dengan iklan yang dimuat pada harian Kompas, tanggal 7 Juli 2007, saya
mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi staff IT.
40. Demikian
surat lamaran ini kami ajukan dan atas perhatiannya kami ucapkan beribu-ribu
terima kasih.
Perbaikan
yang tepat untuk penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah ........
- Atas perhatian saudara kami ucapkan banyak terima kasih.
- Atas perhatian dan perkenan Saudara kami ucapkan beribu terima kasih.
- Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
- Atas perhatian Bapak/Ibu kami menyampaikan rasa terima kasih.
- Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih banyak.
Kunci : C
Penyelesaian :
Perbaikan yang tepat untuk penutup surat lamaran
pekerjaan tersebut adalah Atas
perhatian
Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
Penulisan
identitas pelamar yang tepat untuk melanjutkan kalimat tersebut adalah ........
A. Nama : Hanun
Sulistyorini
Tempat dan
tanggal lahir : Malang, 12 Januari
1982
Alamat :
Jalan Magelang 12, Malang
Pendidikan : SMA
B. nama : Hanun
Sulistyorini
tempat dan tanggal lahir : Malang, 12 Januari 1982
alamat : Jalan Magelang 12, Malang
pendidikan : SMA
C. nama :
Hanun Sulistyorini
tempat dan tanggal lahir : Malang, 12 Januari 1982
alamat : Jln. Magelang 12, Malang
pendidikan : SMA
D. Nama : Hanun Sulistyorini
Tempat dan tanggal lahir : Malang, 12 Januari 1982
Alamat : Jln. Magelang 12, Malang
Pendidikan : SMA
E. Nama : Hanun Sulistyorini
Tempat dan tanggal lahir : Malang, 12 Januari 1982
Alamat : Jl. Magelang 12, Malang
Pendidikan : SMA
Kunci : B
Penyelesaian :
Dalam surat
lamaran pekerjaan penulisan identitas pelamar harus diawali dengan huruf kecil
karena merupakan lanjutan dari kalimat sebelumnya.
42. Buku Pengkajian Puisi karya Rahmad Joko
Pradopo ini pembahasannya sangat agus karena dilengkapi dengan contoh-contoh
analisis semiotiknya maupun hubungan intertekstualnya. Analisis yang cukup
rinci akan menambah pengetahuan pembaca untuk memahami puisi.
Kalimat
simpulan yang tepat dalam resensi sesuai ilustrasi tersebut adalah ........
- Buku tersebut wajib kita beli karena isinya sangat bermanfaat.
- Buku itu sangat bagus dan sudah dilengkapi dengan pembahasan.
- Karena kita bukan ahli dalam bidang puisi sebaiknya kita membaca buku ini.
- Buku ini layak dimiliki pembaca yang ingin belajar memahami puisi.
- Kita perlu membaca buku ini meskipun kita tidak suka dengan puisi.
Kunci : D
Penyelesaian :
Resensi
adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya atau buku,
atau memberikan pertimbangan baik buruknya sebuah hasil karya sastra. Kalimat
simpulan yang tepat dalam resensi sesuai ilustrasi tersebut adalah Buku ini layak dimiliki pembaca yang ingin
belajar memahami puisi.
43. (1)
Syukur-syukur jadi anak superior dengan
IQ di atas 130.
(2) Dalam
paradigma IQ dikenal kategori hamper atau
genius kalau seorang punya IQ
di atas 140.
(3) Hingga
hari ini pun masih banyak orang tua yang mengharapkan anak-anaknya pintar, terlahir
dengan IQ (intelligence quotient) di atas level normal (lebih dari 100).
(4) Harapan
ini tentu sah saja.
(5) Albert
Einstein adalah ilmuwan yang IQ-nya disebut-sebut lebih dari 160.
Agar menjadi
paragraf yang baik urutan kalimat-kalimat di atas yang benar adalah ........
- (1), (2), (3), (4), (5)
- (2), (3), (4), (5), (1)
- (3), (1), (4), (2), (5)
- (4), (2), (5), (3), (1)
- (5), (3), (1), (4), (2)
Kunci : E
Penyelesaian :
Untuk
menjadi sebuah paragraf yang baik harus memenuhi syarat bahwa sebuah paragraph harus
koherensi (perpaduan antarkalimat) dan juga harus logis, Dengan demikian agar
menjadi paragraf yang baik, urutan yang benar dari keempat kalimat tersebut
adalah :
(5) Albert
Einstein adalah ilmuwan yang IQ-nya disebut-sebut lebih dari 160. (3) Hingga
hari ini pun masih banyak orang tua yang mengharapkan anak-anaknya pintar,
terlahir dengan IQ (intelligence quotient) di atas level normal (lebih dari
100). (1) Syukur-syukur jadi anak superior
dengan IQ di atas 130. (4) Harapan ini tentu sah saja. (2) Dalam
paradigma IQ dikenal kategori hamper atau
genius kalau seorang punya IQ
di atas 140.
44. Dalam
perjalanan menuju lokasi Festival Seni di Jepang, saya melihat tulisan besar.
Tulisan ini terus terang menggelitik imajinatif
dan pikiran saya. Saya bertanya pada teman apa arti "Osama".
Ternyata berarti raja. Jepang memang mempunyai beberapa obyek wisata menarik.
Perbaikan
kata-kata tidak baku dalam
paragraf tersebut adalah ........
- festifal, imaji, obyek
- festival, imajinasi, objek
- pestipal, imaji, objek
- festival, imajinasi, obyek
- festifal, imajinasi, objek
Kunci : B
Penyelesaian :
Perbaikan
kata-kata tidak baku dalam
paragraf tersebut adalah :
a. festival
tetap festival
b.
imajinatif menjadi imajinasi
c. obyek
menjadi objek
45. Pada
dasarnya ada dua jenis keritik sastra,
yakni kritik sastra intrinsik dan kritik sastra extrinsik. Kritik sastra intrinsik menganalisis karya
berdasarkan bentuk dan gayanya, secara komplek.
Penulisan kata serapan dalam kutipan di atas tidak sesuai dengan EYD.
Perbaikan
penulisan kata serapan yang sesuai EYD adalah ...
- kritik, ektrinsik, komplek
- kritiks, ekstrinsik, kompleks
- kritis, ekstrinsik, komplek
- kritik, ekstrinsik, kompleks
- kritis, ekstrinsik, komplek
Kunci : D
Penyelesaian :
Kata serapan
adalah kata yang diserap dari bahasa asing atau bahasa daerah.
Perbaikan
penulisan kata serapan yang sesuai EYD yaitu :
a. keritik
menjadi kritik
b. extrinsik
menjadi ekstrinsik
c. komplek
menjadi kompleks
46. Namun semua
terjadi di luar perhitungan. Tidak dapat dihindari, mereka melihat anak itu dan
dapat menandai dari seragam sekolah yang dikenakannya. Seorang dari mereka
datang ke arah kami, mencengkeram, dan merenggut kerah baju di bagian
lehernya.Terdengar benang putus di bagian kerah yang direnggut anak itu. Mereka
menyeretnya dari sisiku. Aku langsung bertindak mencegahnya. ....
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ........
- Kelompok pelajar yang sedang diamuk marah itu langsung memukuli anak itu.
- Kemudian dengan sangat brutal mereka melakukan penganiayaan pada anak itu.
- Akan tetapi, mereka mendorongku dengan kasar, membiarkan aku terjungkal di atas lantai.
- Mereka dengan berang kembali menendang, memukul, dan menghempas anak itu.
- Untunglah pada saat yang sama seorang polisi sedang merazia pelajar di gerbong lain.
Kunci : C
Penyelesaian :
Kalimat
terakhir berbunyi : "Aku langsung bertindak mencegahnya ...... (dari
kalimat ini dapat ditarik kesimpulan adanya tindakan pembelaanku terhadap anak
tersebut yang mengakibatkan tindakan balasan dari mereka terhadap diriku).
Kalimat yang tepat untuk melengkapinya adalah akan tetapi, mereka mendorongku dengan kasar, membiarkan aku terjungkal
di atas lantai.
47. (1) Hanya
helaan napas yang terdengar berat dan panjang. (2) Pak Kus gelisah sejak tadi,
perasaannya campur aduk. (3) Jangan-jangan Ketua Yayasan telah tahu kalau
dirinya suka menerima amplop dari orang tua murid. (4) Gajinya dibawa pulang
untuk kebutuhan keluarga. (5) Sebab orang nomor satu di sekolah itu terkenal
tegas, disiplin, dan mengagungkan kejujuran dalam hidupnya.
Kalimat yang
tidak padu atau sumbang dalam
paragraf tersebut adalah nomor........
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
- (5)
Kunci : D
Penyelesaian :
Gagasan
utama dalam paragraf wacana di atas adalah kegelisahan Pak Kus. Kalimat yang
tidak berisikan kegelisahan Pak Kus adalah kalimat (4) Gajinya dibawa pulang
untuk kebutuhan keluarga.
48. AKU
Kalau sampai
waktuku
Kumau tak
seorang kan merayu
Tidak juga
kau
Tak perlu
sedu sedan itu
........
Dari
kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus
kulitku
Aku tetap
meradang menerjang
Luka dan
bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga
hilang pedih peri
Dan aku akan
lebih tidak peduli
Aku mau
hidup seribu tahun lagi
Karya:
Chairil Anwar
Larik
bermajas metafora yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah .....
- Aku ini binatang jalang
- Aku manusia biasa
- Aku orang tak berguna
- Aku memang miskin
- Aku bodoh dan malas
Kunci : A
Penyelesaian :
Majas
metafora adalah perbandingan antara dua hal yang dianggap memiliki persamaan
sifat. Larik bermajas metafora yang tepat adalah aku ini binatang jalang.
49. Ica : Sudah
lama kita tidak bertemu teman kita ya, Gus?
Gus : Benar,
Ca. Sudah rindu rasanya berkumpul seperti dulu.
Ica :
........
Gus : Itu
ide yang bagus. Kapan kita wujudkan?
Ica :
Liburan akhir tahun pelajaran saja.
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah ....
- Bagaimana kalau kita adakan reuni?
- Berkumpul-kumpul seperti apa yang kamu maksudkan?
- Kapan kita berkumpul dengan teman-teman?
- Di mana kita laksanakan acara kumpul tersebut?
- Ah, itu sangat mudah untuk dilakukan lagi, asal mau saja?
Kunci : A
Penyelesaian :
Kalimat
tanya yang tepat untuk menyampaikan suatu gagasan dapat digunakan kata Tanya bagaimana. Kata tanya kapan digunakan untuk menanyakan
waktu, kata tanya di mana untuk
menanyakan tempat. Jadi, kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut
adalah bagaimana kalau kita adakan reuni?
50. (1) Siswadi
: (tertawa sendirian)
(2) Sarbini
: Jangan tertawa. Saya sungguh-sungguh ini. Kau tahu bahwa aku sudah lama hidup
sendirian.
(3) Siswadi
: Kau sudah pernah berbicara dengan dia?
(4) Sarbini
: Sudah.
(5) Siswadi
: Jadi, bagaimana kau bisa kira-kira dia mau menerima kau?
(6) Sarbini
: Aku takut, jangan-jangan ...
Perbaikan
kalimat nomor (4) pada dialog tersebut adalah ...
- Kemarin lusa.
- Belum pernah.
- Kakakku yang bicara.
- Tadi pagi.
- Pastilah itu.
Kunci : B
Penyelesaian :
Perbaikan
kalimat nomor (4) pada dialog tersebut adalah belum pernah.
0 komentar:
Posting Komentar